Perbankan Syariah

Berkaca dari pengalaman yang kita hadapi pada krisis tahun 1997 dan tahun 2008, terlihat bahwa sistem ekonomi konvensional telah mengalami kemunduran. Setiap industri yang bergerak sesuai dengan sistem ekonomi konvensional mengalami imbasnya tak terkecuali industri perbankan. Industri perbankan konvensional merupakan industri paling besar yang terkena damapk dari krisis ekonomi yang terjadi. Hal ini terjadi karena perbankan konvesional menjadikan tingkat suku bunga sebagai landasan operasinya. Akibatnya ketika terjadi krisis banyak bank konvensional yang mengalami goncangan hebat bahkan kebangkrutan akibat penetapan tingkat suku bunga yang tinggi yang dilakukan oleh pemerintah selama masa krisis. Peningkatan suku bunga yang terjadi secara signifikan dan tiba-tiba membuat bank konvensional kelimpungan menunaikan kewajibanya kepada nasabah dan mengalami negative spread. Matinya sektor perbankan berpengaruh besar terhadap situasi ekonomi keseluruhan karena sektor perbankan merupakan sumber kehidupan dari sektor industri lainnya.Dari perbankan (pasar uang) industri yang bergerak dalam sektor riil tidak mendapatkan asupan untuk bertahan hidup khususnya untuk mendapatkan dana kebutuhan jangka pendek. Singkatnya matinya sektor perbankan akan berpengaruh besar terhadap ambruknya sektor riil.

Oleh karena itu dibutuhkan suatu indstri perbankan yang terbebas dari suku bunga agar krisis yang telah terjadi tidak terulang lagi di masa depan. Perbankan syariah merupakan konsep industri perbankan yang cocok untuk dijadikan solusi agar tercipta industri perbankan yang kokoh dan mendukung sektor riil. Perbankan syariah dapat dijadikan alternatif dalam pembangunan ekonomi yang adil, seimbang dan memberikan manfaat bagi pelaku yang terlibat di dalamnya.

Sebagian besar masyarakat belum memahami tentang apa dan bagaimana konsep perbankan syariah. Masih banyak pula yang menganggap sistem perbankan syariah tidak berbeda dengan perbankan konvensional. Konsep penentuan nisbah di bank syariah di mata masyarakat masih sama dengan penentuan bunga di bank. Selain itu pemahaman tentang produk-produk bank syariah juga masih minim. Hal ini mengakibatkan bank syariah belum banyak dilirik oleh masyarakat. Padahal apabila dipahami secara baik bank syariah lebih menguntungkan ketimbang bank konvensional. Keuntungan bagi hasil bank syariah dapat lebih tinggi dibandingkan bunga deposito di bank konvensional. Dan yang paling utama perbankan syariah menawarkan jasa keuangan yang lebih aman dan adill bagi nasabahnya.

Untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang perbankan syariah maka pada page perbankan syariah ini akan dipaparkan mengenai apa itu bank syariah, landasan hukum, landasan syariah, cara kerja bank syariah, sistem bagi hasil, produk bank syariah serta hal-hal lain mengenai perbankan syariah.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai bank syariah silakan klik link di bawah ini :

1. Pengenalan Bank Syariah

2. Konsep Dasar Keuangan Islam

3. Dasar Hukum Bank Syariah

4. Konsep Operasional Bank Syariah (Part : I )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TRANSLATE

Just Click!!

Join 849 other followers

Blog Stats

  • 16,404 hits
%d bloggers like this: