you're reading...
keuangan dan investasi

7 Tips Keuangan Sehari-hari : Cara Cerdas Mengalokasikan Uang Bulanan

Sebagian besar diantara kita (terlebih lagi bagi para mahasiswa dan karyawan tingkat pemula) tanggal-tanggal dari pertengahan bulan hingga akhir bulan (menjelang masa gajian dan kiriman uang) merupakan masa-masa sulit untuk bertahan hidup. Dimana pundi-pundi dana untuk menyambung hidup mulai menipis. Tak heran strategi penghematan pun gencar dilakukan dari memangkas biaya makan, biaya perawatan diri dan biaya transportasi. Alhasil berbagai jurus pun digunakan untuk keluar dari “krisis ekonomi” seperti mengurangi porsi makan, ngutang ke teman dan tetangga bahkan untuk mahasiswa tidak jarang harus “menilep” sebagian uang kuliah ataupun uang kos yang dikirim oleh orang tua untuk menyambung hidup esok hari. Sayangnya acap kali jurus-jurus “pamungkas” di akhir bulan ini pun menimbulkan masalah di kemudian hari.

Berbagai masalah yang timbul dari krisis ekonomi indvidu ini sebenarnya dapat diminimalisir bahkan dapat dihindari dengan menerapkan sistem pengelolaan keuangan yang tepat. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat membuat kita terlepas dari masalah keuangan tanpa harus menyiksa diri. Berikut tips-tips pengelolaan keuangan sehari-hari :

1. Buatlah anggaran bulanan

Di awal gajian atau kiriman buatlah anggaran belanja bulanan. Dengan membuat anggaran bulanan kita dapat membuat daftar sejumlah kebutuhan pokok dan biaya-biaya yang wajib kita penuhi selama sebulan seperti membeli sembako, biaya transportasi, biaya sekolah anak, biaya listrik, telepon, air dan sewa rumah atau kos. Dalam membuat anggaran usahakan kebutuhan yang anda daftarkan adalah kebutuhan primer yang menunjang kegiatan produktif kita. Untuk anggaran bulanan kita dapat membuat anggaran secara bulanan atau secara harian dengan merancang pengeluaran maksimal dalam sehari.

2. Sisihkan untuk tabungan

Pola pikir menyisihkan tabungan dari uang sisa bulanan sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Mengapa? Karena saat ini begitu banyak godaan bagi kita untuk bersikap konsumtif. Kita akan tergiur untuk membeli produk-produk baru yang sebenarnya belum kita butuhkan saat ini. Sikap konsumtif inilah yang berpotensi mengacaukan anggaran yang telah kita buat di awal bulan. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika kita mengalihkan uang tersebut untuk ditabung atau diinvestasikan sebagai sumber dana cadangan yang dapat digunakan pada saat-saat yang dibutuhkan. Apalagi saat ini banyak lembaga keuangan yang telah menyediakan fasilitas tabungan dengan skema investasi dengan berbagai macam produk yang ditawarkan. Tabungan di awal bulan juga sangat berguna bagi kita yang sudah berkeluarga untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anak. Untuk tabugan Anda dapat menyisihkan minimal 10% dari penghasilan bulanan dan ketika mendapat bonus sebaiknya uang yang didapat agar ditabung untuk keperluan mendesak.

3. Pola hidup teratur dan sehat

Pola hidup yang teratur dan sehat tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, akan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan kantong. Dengan pola hidup sehat, secara tidak langsung telah menekan biaya-biaya yang dapat menggerogoti kas pribadi. Contohnya jika kita menderita penyakit dan harus mendapatkan perawatan maka kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memulihkan kesehatan.

4. Beli lah apa yang DIBUTUHKAN dan bukan yang DIINGINKAN

Apakah dalam pengelolaan keuangan kita tidak boleh membeli mobil yang bagus ? atau kita tidak boleh memiliki rumah yang besar? Atau kita tidak boleh berwisata? Jawabannya TIDAK. Dalam rangka menata keuangan sehari-hari kita boleh membeli mobil yang bagus, rumah mewah atau berwisata bersama keluarga. Hanya saja kita sering kali terjebak oleh manisnya bahasa iklan yang membuat kita terpedaya dan membeli produk-produk yang sebenarnya belum kita butuhkan saat ini. Begitu hebatnya bahasa iklan membuat pikiran kita terhipnotis dan ingin membeli produk yang diinginkan. Oleh sebab itu dalam membeli produk, dibutuhkan kebijaksanaan dan logika sebelum kita membeli produk. Apakah produk yang kita beli dibutuhkan atau apakah produk yang kita beli hanya untuk memenuhi keinginan sesaat. Bahayanya jika kita hanya membeli untuk keinginan sesaat barang yang kita beli tidak berguna sehingga mubazir dan menjadi penghuni tetap di gudang rumah kita.

5. Alokasikan dana tabungan menjadi dana produktif (investasi)

Sebaiknya dana tabungan yang terkumpul jika belum dibutuhkan dapat disalurkan untuk investasi daripada digunakan untuk memenuhi nafsu perilaku konsumtif. Dana yang diinvestasikan akan memberikan keuntungan bagi Anda di masa depan. Anda dapat menyalurkan dana tabungan Anda di berbagai macam produk investasi seperti saham, emas, reksadana, ataupun untuk membeli tanah (aset yang nilai jualnya selalu meningkat).

6. Gunakan sumber energi seperti air dan listrik secara bijaksana

Pemakaian air dan listrik yang bijaksana berkontribusi besar dalam menekan biaya bulanan. Selain berkontribusi dalam menekan biaya Anda juga akan turut serta dalam memberikan kontribusi untuk menyelamatkan bumi tercinta.

7. BERBAGI DENGAN SESAMA !!!

Di saat anda memiliki harta yang berlebih san
at dianjurkan bagi Anda untuk berbagi kenikmatan kepada sesama. Karena dengan berbagi kita tidak hanya menyucikan harta yang kita peroleh akan tetapi juga meringankan beban orang lain yang membutuhkan uluran tangan kita. Dan percayalah bahwa harta yang kita sedekahkan bukan mengurangi jumlah kekayaan kita bahkan menambah kekayaan kita terutama kekayaan hati.

Semoga 7 tips keuangan ini berguna bagi kita semua sehingga lebih cerdas dalam menggunakan kekayaan untuk masa depan J

About khairilmuslim

try to the best and useful for the others

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TRANSLATE

Just Click!!

Join 849 other followers

Blog Stats

  • 16,404 hits
%d bloggers like this: