you're reading...
Uncategorized

Konsep Operasional Bank Syariah (Part : I)

Bank syariah merupakan bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah sebagai landasan operasionalnya. Sistem operasional bank syariah berbeda dengan sistem operasional bank konvensional. Tidak seperti bank konvensional yang mengandalkan bunga kredit sebagai penghasilan bank, bank syariah mengandalkan penghasilan dari margin yang diperoleh dari berbagai macam akad-akadnya. Untuk memahami konsep operasional bank syariah mari kita simak uraian sebagai berikut :

1. Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Secara detil perbedaan bank syariah dan bank konvensional dapat dibedakan atas :

  • Fungsi dan kegiatan bank

Bank syariah melakukan fungsi yang sama dengan bank konvensional, yaitu sebagai lembaga intermediasi. Makna lembaga intermediasi adalah lembaga yang menyalurkan dana dari pihak yang surplus dana kepada pihak yang defisit dana.  Namun tidak hanya sebagai lembaga intermediasi, bank syariah juga menjadi manajer investasi karena bank menyalurkan dana yang dapat digunakan sebagai pembiayaan kegiatan usaha (mudarabah dan musyarakah). Selain itu bank syariah juga menjalankan kegiatan social dengan menyalurkan dana wakaf, amil, zakat, dan sedekah dari nasabahnya. Bank syariah juga menyalurkan dana kebajikan dalam bentuk dana qardhul hasan.

  • Mekanisme dan objek usaha

Karena berlandaskan prinsip syariah tentu saja bank syariah mekanisme di bank syariah tidak mengandung unsur MAGHRIB ( maisir, gharar, riba ) sedangkan bank konvensional dalam mekanismenya mengandung unsur MAGHRIB.

  • Hubungan dengan nasabah

Bank syariah menempatkan nasabah sebagai mitra kerja karena akad-akad dalam transaksi bank syariah memungkinkan hubungan mitra kerja antara bank dengan nasabah. Sedangkan dalam bank konvensional hubungan antara bank dan nasaba hanya sebatas hubungan antara debitur dengan kreditur.

Untuk lebih memahami fungsi bank syariah dan perbedaannya dengan bank konvensional dapat disimak melalui ilustrasi berikut.

Skema Fungsi Bank (klik disini)

2. Produk dan Jasa Bank Syariah

Dalam kegiatan operasionalnya bank syariah mengeluarkan produk-produk jasa keuangan yang termasuk dalam kegiatan penghimpunan, penyaluran dan jasa keuangan lainnya. Produk-produk bank syariah diuraikan sebagai berikut :

–   Penghimpunan

Untuk menghimpun dana dari nasabah bank syariah menggunakan produk dengan prinsip simpanan seperti wadiah dan mudharabah. Akad wadiah diaplikasikan dalam bentuk tabungan. Sedangkan akad mudharabah diaplikasikan dalam bentuk tabungan deposito. Penghimpunan dana terkait dengan fungsi syariah sebagai manajer investasi dana dari masyarakat. Dimana dari dana yang dihimpun bank syariah kemudian menyalurkan dana dalam berbagai investasi yang mendatangkan margin baik bagi bank dan nasabah.

–  Pembiayaan (Penyaluran Dana)

Bank syariah menyalurkan dana pihak ketiga untuk melakukan kontrak-kontrak seperti kontral jual beli (meliputi murabahah, salam, istisna) dan kontrak kerjasama (meliputi mudharabah dan musyarakah). Penyaluran dana/pembiayaan merupakan aplikasi dari fungsi bank syariah sebagai investor. Bank memberikan suntikan dana kepada mudharib (pengelola dana) yang sedang membangun usaha.

–  Jasa keuangan

Selain berfungsi sebagai lembaga intermediasi, bank syariah juga menyediakan jasa keuangan lainnya. Hal ini menjadi kelebihan dari bank syariah ketimbang bank konvensional. Bank syariah menyediakan jasa keuangan seperti wakalah, kafalah, hiwalah, rahn, dan sharf. Selain itu bank syariah juga menyediakan jasa kontrak utan berupa penyaluran dana qard. Dana qardh yang disalurkan untuk kepentingan social dikenal dengan istilah qardhul hasan.

About khairilmuslim

try to the best and useful for the others

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TRANSLATE

Just Click!!

Join 849 other followers

Blog Stats

  • 16,404 hits
%d bloggers like this: