you're reading...
Must Change

Must Change

Must Change, merupakan tulisan pribadi berupa opini yang diilhami oleh buku Change karya Rhenald Kasali. Tulisan yang saya tulis ini merupakan kritik terhadap gejala-gejala sosial yang terjadi di masyarakat. Beberapa kebiasaan kita yang menurut saya perlu dikritisi. Kebiasaan yang sudah terlepas dari esensinya dan mengalami pergeseran akibat perubahan sehingga perlu dikaji dan disesuaikan dengan tuntutan zaman.

Dalam tulisan ini saya akan memaparkan sejumlah kasus berupa kebiasaan sering dilakukan oleh masyarakat kita. Tak hanya diangkat berdasarkan opini tunggal saya, akan tetapi kasus yang dibahas juga akan melibatkan opini dari sudut pandang orang lain. Kasus yang diangkat akan diulas secara utuh sehingga memberikan  gambaran yang utuh sehingga tidak terjadi bias pemahaman.

Tulisasan-tulisan ini dibuat bukan untuk mendisdkreditkan pihak manapun. Tulisan ini murni untuk membuka pemahaman kita tentang kebiasaan yang terjadi masyarakat. Harapannya tulisan ini dapat menggugah kita untuk membentuk pola pikir masyarakat agar tumbuh berkembang mengikuti tuntutan zaman dan lingkungan yang selalu berubah.

Kenapa harus berubah?

technology changed by human or human changed by technology?

Rintik hujan turun membuat suasana pada malam itu terasa dingin. Secangkir kopi hangat menemani pembicaraanku dengan seroang rekanku di ssebuh angkringan. Sudah lama kami tak berjumpa, saling bertukar cerita tentang apa yang sudah dilalui masing-masing dan saling bertukar pikiran untuk masa depan. Perbincangan yang kita lakukan lebih tepat dikatakan sebagai evaluas kehidupan merantau yang telah kami lalui di Yogyakarta selama 4 tahun ini. Tak terasa kami sudah berstatus sebagai mahasiswa akhir yang sebentar lagi akan sarjana dan bersiap memasuki dunia yang sesungguhnya.

Perbincangan itu pun menyeret kami dalam sebuah diskusi mengenai rencana di masa depan. Bagi perantauan seperti aku dan rekanku, kami selalu dihadapkan oleh dua piihan yaitmencari pekerjaan di perantauan atau bekerja dan pulang di kampung halaman. Kedua pilhan tersebut memiliki sisi positif dan negatif tersendiri. Bekerja di perantauan memiliki kelebihan bagi kami untuk memperoleh kesempatan dan pengalaman kerja yang lebih baik. Tidak hanya itu di perantauan kami mendapatkan kesempatan untuk mempelajari budaya orang lain serta mempelajari kemajuan-kemajuan yang ada di perantauan. Namun hidup di perantauan membuat kita jauh dari orang-orang yang kita sayangi khususnya orangtua. Tentu saja orangtua sangat berharap dapat segera berkumpul kembali dengan putra atau putrinya yang sudah lama terpisah karena harus menimba ilmu di perantauan. Keinginan berkumpul denga keluarga inilah yang menjadi pertimbangan tersendiri untuk memilih hidup di kampung halaman.

Aku lebih condong untuk memilih pilhan pertama yaitu bekerja di perantauan. Aku lebih memilih untuk mencari ilmu dan pengalaman yang lebih sebelum pulang ke kampung halaman. Meskipun desakan orangtua dan teman-teman memintaku untuk pulang ke kampung halaman. Mereka berharap dengan pulang ke kampung halaman aku dapat segera membangun kampung halaman. Namun pikirku jika aku pulang kampung dengan keadaanku seperti sekarang ini tak akan mengubah apapun di sana. Aku ingin, aku pulang dan dapat memberikan  perubahan di kampung halamanku. Menurutku sulit untuk membangun kampungku tanpa mengubah pola pikir masyarakatnya. Terdapat beberapa permasalahan sosial (akan dipaparkan dalam tulisan-tulisan selanjutnya) yang tidak hanya terjadi di kampung halamanku akan tetapi di sekitar kita, yang aku dan teman-temanku rasa harus segera dikritisi dan dirubah. Perubahan ini membutuhkan tindakan nyata dan tak hanya bermodalkan wacana belaka.

Pemikiran-pemikiran inilah yang menjadi alasan bagiku dan beberapa orang teman yang ingin membuat perubahan di masyarakat. Kami ingin berbuat yang terbaik bagi kampung halaman dan masyarakat di sekitar kami karena ingin menciptakan sebuah PERUBAHAN di masyarakat. Perubahan tak dapat diciptakan begitu saja, dibutuhkan keahlian dan timing dalam melakukannya dan tentu saja dibutuhkan keberanian. Untuk itulah kami masih ingin terus menimba ilmu agar kami dapat segera melakuka perubahan. Perubahan harus dimulai dari diri sendiri dan selanjutnya perubahan harus disebar bagai benih kepada orang-orang di sekitar kita

Berbicara tentang perubahan, perubahan merupakan bagian dari hidup. Perubahan akan selalu ada dan tak akan terpisahkan dari kehidupan. Menurut Rhenald Kasali dalam bukunya yang berjudul Change perubahan adalah sesuatu yang abadi. Untuk bertahan hidup manusia harus mampu menhadapi perubahan dan menciptakan perubahan. Perubahan dapat membawa kita kepada dua pilihan yaitu perubahan positif maupun perubahan yang bersifat negatif. Perubahan yang positif terjadi manakala kala kita mampu mengelola perubahan dengan baik. Perubahan negatif terjadi ketika kita tidak mampu mengelola perubahan yang datang karena sudut pandangan yang sempit dan ketidakmampuan kita dalam beradapatasi.

Perubahan dilakukan oleh orang-orang yang memiliki pandangan yang jauh ke depan (change maker). Mereka mampu melihat gejala-gejala yang timbul dan melihat celah-celah untuk melakukan perubahan. Merekalah yang mampu mengelola perubahan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Perubahan tak akan lahir dengan hanya duduk, meilhat dan berwacana tentang perubahan. Perubahan harus dilakukan, perubahan butuh tindakan aktif. Daya kreatifitas merupakan motor penggerak dalam melakukan perubahan. Inovasi yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan perubahan yang positif.

About khairilmuslim

try to the best and useful for the others

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TRANSLATE

Just Click!!

Join 849 other followers

Blog Stats

  • 16,404 hits
%d bloggers like this: